Anak Demam??? jangan Panik!!

Dilihat 2,768 kali | Kirim Ke Teman

Si kecil terserang demam? Jangan panik, karena itu adalah reaksi tubuhnya terhadap infeksi atau petunjuk bahwa anak dalam kondisi sakit. Demam (suhu tubuh di atas rata-rata, sekitar 37 derajat Celsius) pada anak, umumnya disebabkan oleh infeksi, baik oleh bakteri maupun virus.

Anak-anak sering mengeluh tidak enak badan tanpa bisa menjelaskan apa yang dirasakannya. Ketika kita melihat anak tampak tidak bergairah atau lesu tidak seperti biasanya mungkin kita mencurigai anak kita tidak sehat, namun umumnya kita tidak mengetahui apa yang sedang terjadi padanya. Lakukan pengukuran suhu tubuh anak Anda dengan thermometer, dan kompres dengan air hangat agar suhu tubuhnya cepat turun menjadi normal kembali. Biarkan anak beristirahat dengan cukup, dan beri dia banyak minu,. Anda juga bisa memberi obat penurun panas yang banyak dijual bebas. Bila anak mengalami demam tinggi yang tidak turun juga dengan pemberian obat pereda demam lebih dari satu hari, segera hubungi dokter.

Artikel di Kategori ini :

  1. Mengukur Suhu Tubuh Anak
  2. Merawat Anak Sakit

8 Responses to Anak Demam??? jangan Panik!!

  1. Mohon maaf, mungkin bisa saya tambahkan sedikit mengenai demam ini. Demam adalah gejala atau tanda bahwa terjadi infeksi di badan anak. Dari pengalaman anak saya, demam tidak bisa disembuhkan jika penyebab utamanya yaitu infeksi tidak disembuhkan terlebih dahulu.

    Memang demam akan turun jika kita memberi anak obat turun panas atau kompres dengan air atau memberinya banyak minum. Namun sifatnya hanya sementara dan darurat, dan suhu badan anak akan naik kembali begitu pengaruh dari obat turun panas/kompres habis.

    Langkah terbaik memang segera membawa anak ke dokter, karena mereka punya pengetahuan untuk mencari penyakit/infeksi yg menyebabkan demam itu. Biasanya sih kalo anak saya, ada radang di tenggorokan/lidah ataupun ada batuk/pilek. Kalo sudah begini, dokter memberi resep antibiotik dan anti radang untuk menyembuhkan penyakit utama nya. Dan jika penyakit utama nya ini sudah disembuhkan, insya Allah demam akan turun secara permanen.

  2. bismillah,anak ana pernah demam tinggi sampe step, awlnya ana panik tp setelah berkonsul ke dokter alhamdulillah sdh tidak panik lg klw anak demam, saran ana dri pengalamn,apalg bgi anak yang sering step ahrus segera diberikan pertolongan krena pada saat anak step banyak dari sel2 otak yang mati shingga bisa berpengaruh terhadap kecerdasan anak, dan bahkan bisa mengakibatkan gangguan mental,ortu harus selalu sedia obat penurun panas (sanmol atw ibuprofen) dirumah dan obat stesolid rectal,jngan panik jika anak step krn klw panik kdng kita tdk bisa berbuat apa2,jika tdk punya obat stesolid maka pertolongn pertamanya,posisi anak dimiringkan shingga jika muntah maka tidk tertelan atau menyumbat jalan nafasnya, terus dikompres dibagian kepala,ketiak dan pangkal paha,sebaiknya jika anak demam pakaikan pakain yang tipis agar mudah terjadi penguapan panas jngan sekali2 diberikan kopi atwpun makanan lain pada saat step krn bisa menyumbat pernapasan anak yang bisa berakibat fatal.

    Jazakillahu khairan info tambahannya, semoga bermanfaat bagi keluarga muslim dalam menghadapi anak yang demam tinggi.

  3. bismillah. hati-hati bila anak dibawah usia 5 tahun jika demamnya sampai 39 keatas. karena dikhawatirkan bisa terjadi kejang akibat demam yang terlalu tinggi. dan ditakutkan di kemudian hari kejang menjadi berulang atau terkena epilepsi.

  4. bismillah, anak sy td pans tgi 39.5. sy prnh bc bhw pnas adl bagn dr uap neraka, dnginkn dgn air. brbkal hal tsb dg minimx pngtahuan sy ttg hrbal, alhmdllh stlh sy mndikn pnasx trun 38.5. jzkumullah ats artkelx, bwt bkal prwtn anak k dpanx.

    Waiyyaki.

  5. Bismillah.
    Ana ingin menambahkan tips jika anak demam atau panas.
    Kita bisa memijat atau urut dengan urutan limfatik pada anak kita yang demam. Insya Allah Ta’ala akan mempercepat turun panasnya, manfaat urutan limfatik disamping menurunkan panas juga dapat meningkatkan kualitas tidur anak, anak menjadi rileks, dan sistem imun meningkat juga sistem pencernaannya menjadi lancar.
    Kemudian anak dibalur dengan parut bawang merah yang sudah dicampurkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun atau minyak butbut lalu balurkan keseluruh tubuh anak.
    Semoga bermanfaat. Barokallohu fiikum.

  6. Abu Muhammad Andi

    Bismillah,
    Alhamdulillah ternyata ada kolom tuk membahas masalah kesehatan juga ya akh, kalo bisa masalah thibbunnabawy juga dibahas pada kolom kesehatan ini akhy…
    seperti racikan-racikan dari tanaman obat/herbal yang berkhasiat buat kesehatan/penyakit tertentu. ana kira ini akan memberi manfaat kepada kaum muslimin umumnya.
    sekian dulu akhy dari ana.

    Baarakallaahu fiikum.

  7. assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh
    menurut ana bagus artikel kesehatannya..hanya mohon ditambahkan juga tentang pola makan yg sehat dan bergizi seperti yg diajarkan oleh rasulullah juga pola makan yang sehat dan bergizi sesuai ajaran islam pada anak agar dapat mencegah terjadinya penyakit pada anak dan tidak perlu dengan menggunakan obat yg ujungnya adalah racun bagi anak jika konsumsinya lebih…jazakumullah khair katsiran.
    wassalamu’alaikum…

    Wa’alaykumussalam warohmatullah.InsyaAllah nanti kalau kontributornya baca komentar, semoga beliau bisa menambahkan. Atau kalau antum ada artikel tentang kesehatan karena mungkin antum memang dibidang itu, supaya mengirimkannya ke almakassari @ gmail.com

  8. Assalamu ‘alaikum

    Wah ada tambahan artikel kesehatan yaaa.
    Awal Artikelnya kok bahasannya sedikit…!!
    Tapi bagus kok…!!!
    Memang itu yang sering terjadi disetiap anak.
    Tolong tambahkan tentang artikel obat2an untuk anak, terutama yg menunjang kecerdasan anak.
    Barakallahu Fiik

    Wassalamu ‘alaikum

    Wa alaykum salam warahmatullah wabarakatuh

    Iya alhamdulillah per tanggal 23 Juli kemarin telah terposting artikel pada rubrik ini…bahasanya memang sedikit singkat tapi akan terus berlanjut atau saling berhubungan dari artikel satu dengan artikel berikutnya sampai temanya berganti. Insya Alla

    Jazakallahu khaera atas sarannya insya Allahu Ta’ala akan kami usahakan.

    Wa fiyka barakallah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *