Tanda Orang Terbaik

Dilihat 2,181 kali | Kirim Ke Teman

Diantara hadits-hadits palsu yang tersebar di masyarakat, ada yang indah maknanya. Namun sayangnya ia bukan sabda Nabi –Shallallahu ‘alaihi wa sallam-. Mungkin semisal hadits berikut:

خَيْرُكُمْ مَنْ لَمْ يَتْرُكْ آخِرَتَهُ لِدُنْيَاهُ وَلاَ دُنْيَاهُ لآخِرَتِهِ وَلَمْ يَكُنْ كَلاًّ عَلَى النَّاسِ

"Sebaik-baik orang diantara kalian adalah orang tidak meninggalkan akhiratnya untuk (kepentingan) dunianya; tidak pula (meninggalkan) dunianya untuk akhiratnya. Dia juga bukan beban atas orang lain". [HR. Al-Khothib dalam Tarikh Baghdad (4/221/no.1918), dan lainnya]

Hadits ini maudhu’ (palsu), karena rawinya yang bernama Yaghnam bin bin Salim bin Qunbur Al-Bashriy. Dia adalah seorang pemalsu hadits seperti yang dinyatakan oleh Al-Bustiy dalam Al-Majruhin (3/145). Dengan alasan ini, Syaikh Al-Albaniy As-Salafiy menyatakan palsunya hadits ini dalam Adh-Dho’ifah (501)

Sumber : Buletin Jum’at At-Tauhid edisi 72 Tahun II. Penerbit : Pustaka Ibnu Abbas. Alamat : Jl. Bonto Te’ne No. 58, Kel. Borong Loe, Kec. Bonto Marannu, Gowa-Sulsel. HP : 08124173512 (a/n Ust. Abu Fa’izah). Pimpinan Redaksi/Penanggung Jawab : Ust. Abu Fa’izah Abdul Qadir Al Atsary, Lc. Editor/Pengasuh : Ust. Abu Fa’izah Abdul Qadir Al Atsary, Lc. Layout : Abu Dzikro. Untuk berlangganan/pemesanan hubungi : Ilham Al-Atsary (085255974201). (infaq Rp. 200,-/exp)

Artikel di Kategori ini :

  1. Perbanyak Dzikir Sampai Dianggap Gila
  2. Tuntutlah Ilmu Ke Negri China
  3. Bersedihlah Ketika Membaca Al-Qur’an!
  4. Hampir-Hampir Kefakiran Mendekati Kekufuran
  5. Penduduk Surga
  6. Perjarang Tinggal di Rumah
  7. Menjaga Mata ketika Jima’ (Bersetubuh)
  8. Bertaqwa di Masa Tua
  9. Agama Adalah Akal
  10. Orang Baik dibutuhkan Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *