Namailah Bayi yang Keguguran

Dilihat 2,350 kali | Kirim Ke Teman

Disana terdapat beberapa hadits tentang sunnahnya memberi nama bagi janin yang keguguran atau anak bayi yang meninggal sebelum hari ke tujuhnya. Namun semua hadits itu lemah, bahkan ada yang palsu, seperti hadits berikut:

سُمُّوْا أَسْقَاطَكُمْ فَإِنَّهُمْ مِنْ أَفْرَاطِكُمْ

"Namailah bayi-bayi yang keguguran, karena mereka adalah para pendahulu kalian". [HR. Abul Husain Al-Kilabiy dalam Nuskhoh Abil Abbas Thohir At-Tamimiy, dan Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyqo (12/249/2)]

Hadits ini adalah hadits palsu, karena di dalamnya ada rawi yang bernama Al-Bakhtariy bin Ubaid. Dia adalah orang yang tertuduh dusta yang suka meriwayatkan hadits-hadits palsu dari Abu Hurairah. Sedang hadits ini dari jalur beliau. Demikian keterangan Syaikh Al-Albaniy dalam Adh-Dho’ifah (2006).

Sumber : Buletin Jum’at At-Tauhid edisi 92 Tahun II. Penerbit : Pustaka Ibnu Abbas. Alamat : Jl. Bonto Te’ne No. 58, Kel. Borong Loe, Kec. Bonto Marannu, Gowa-Sulsel. HP : 08124173512 (a/n Ust. Abu Fa’izah). Pimpinan Redaksi/Penanggung Jawab : Ust. Abu Fa’izah Abdul Qadir Al Atsary, Lc. Editor/Pengasuh : Ust. Abu Fa’izah Abdul Qadir Al Atsary, Lc. Layout : Abu Dzikro. Untuk berlangganan/pemesanan hubungi : Ilham Al-Atsary (085255974201). (infaq Rp. 200,-/exp)

Incoming search terms:

  • memberi nama bayi keguguran
  • memberi nama bayi yang keguguran
Tags:, , ,

Artikel di Kategori ini :

  1. Barang Siapa yang tidak Mengenal Imamnya…
  2. Bertaqwa di Masa Tua
  3. Adzan di Telinga Bayi
  4. Menjaga Mata ketika Jima’ (Bersetubuh)
  5. Bahaya Membunuh
  6. Orang Baik dibutuhkan Orang
  7. Ketentuan dan Taqdir Allah
  8. Hadits Al-‘Ajn (Mengepalkan Kedua Tangan Ketika Akan Berdiri Dalam Sholat)
  9. Menyentuh Tangan Orang Kafir
  10. Baca Al-Qur’an di Siang Bolong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *