Menyentuh Tangan Orang Kafir

Dilihat 205 kali | Kirim Ke Teman

Menyentuh orang kafir adalah boleh, sebab badan dan tangan mereka juga suci. Jangan tertipu dengan hadits di bawah ini sehingga Anda mengharamkan berjabat tangan dengan orang kafir, sebab hadits ini palsu:

Konon kabarnya Nabi -Shallallahu ‘alaihi wa sallam-  bersabda,

يَا جِبْرِيْلُ مَا مَنَعَكَ أَنْ لاَ تَأْخُذَ بِيَدِيْ ؟ قَالَ : إِنَّكَ أَخَذْتَ بِيَدِ يَهُوْدِيٍّ, فَكَرِهْتُ أَنْ تَمَسَّ يَدِيْ يَدًا مَسَّتْهَا يَدُ كَافِرٍ

“Wahai Jibril, apa yang menghalangimu untuk memegang tanganku?” Jibril menjawab, “Sesungguhnya engkau telah memegang tangan seorang Yahudi. Maka aku benci kalau tanganku menyentuh tangan yang disentuh oleh tangan orang kafir”. [HR. Ath-Thobroniy dalam Al-Ausath (2813)]

Hadits ini adalah hadits palsu, sebab padanya ada seorang rawi yang pendusta, yaitu Umar bin Umar Al-Abdiy. Itulah sebabnya Al-Albaniy menyatakan hadits ini maudhu’ (palsu) dalam Adh-Dho’ifah (5329)

Sumber : Buletin Jum’at At-Tauhid. Penerbit : Pustaka Ibnu Abbas. Alamat : Jl. Bonto Te’ne No. 58, Kel. Borong Loe, Kec. Bonto Marannu, Gowa-Sulsel. Pimpinan Redaksi/Penanggung Jawab : Ust. Abu Fa’izah Abdul Qadir Al Atsary, Lc. Editor/Pengasuh : Ust. Abu Fa’izah Abdul Qadir Al Atsary, Lc. Layout : Abu Dzikro. Untuk berlangganan/pemesanan hubungi : Ilham Al-Atsary (085255974201).

Tags:,

Artikel di Kategori ini :

  1. Barang Siapa Dunia adalah Cita-Citanya
  2. Berdzikir Setiap Saat
  3. Jum’at Hajinya Orang Fakir
  4. Tuntutlah Ilmu Ke Negri China
  5. Menuntut Ilmu di Masa Muda
  6. Penduduk Surga
  7. Siapa yang Adzan, itu yang Iqamat
  8. Orang Baik dibutuhkan Orang
  9. Mengusap Tengkuk Ketika Wudhu’
  10. Adzan di Telinga Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *