Baca Al-Qur’an di Siang Bolong

Dilihat 1,987 kali | Kirim Ke Teman

Sebagian ahli fiqih terkadang tasahul (bergampangan) dalam meriwayatkan hadits lemah, bahkan palsu sehingga terkadang orang awam yang senang taqlid langsung mengamalkan dan meyakini kandungan hadits itu, seperti hadits:

إِذَا رَأَيْتُمْ مَنْ يَجْهَرُ بِالْقِرَاءَةِ فِيْ النَّهَارِ فَارْمُوْهُ بِالْبَعْرِ

"Jika kalian melihat orang yang mengeraskan bacaan Al-Qur’annya di siang hari, maka lemparilah orang itu dengan kotoran onta".

Hadits ini adalah lemah, karena tak ada asalnya alias palsu. Hadits ini hanya dibawakan oleh Asy-Syairoziy dalam Al-Muhadzdzab (2/389). Hadits memiliki syahid diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushonnaf (3669). Namun hadits ini juga lemah, karena hadits mu’dhol, ada dua rawi atau lebih yang hilang dalam sanad. Sebab itu, Al-Albaniy Al-Atsariy melemahkannya dalam Adh-Dho’ifah (5328)

Sumber : Rubrik Hadits Lemah Buletin Jum’at At-Tauhid edisi 76 Tahun II. Penerbit : Pustaka Ibnu Abbas. Alamat : Jl. Bonto Te’ne No. 58, Kel. Borong Loe, Kec. Bonto Marannu, Gowa-Sulsel. HP : 08124173512 (a/n Ust. Abu Fa’izah). Pimpinan Redaksi/Penanggung Jawab : Ust. Abu Fa’izah Abdul Qadir Al Atsary, Lc. Editor/Pengasuh : Ust. Abu Fa’izah Abdul Qadir Al Atsary, Lc. Layout : Abu Dzikro. Untuk berlangganan/pemesanan hubungi : Ilham Al-Atsary (085255974201). (infaq Rp. 200,-/exp)

Artikel di Kategori ini :

  1. Jangan Shalat, Jangan Bicara
  2. Barang Siapa yang tidak Mengenal Imamnya…
  3. Adam Turun di India
  4. Perbanyak Dzikir Sampai Dianggap Gila
  5. Empat Berkah dari Langit
  6. Mengusap Kedua Kelopak Mata dengan Kedua Ibu Jari
  7. Bertaqwa di Masa Tua
  8. Orang Baik dibutuhkan Orang
  9. Kisah Harut dan Marut
  10. Agama Adalah Akal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *