Solusi Terakhir ….

Dilihat 918 kali | Kirim Ke Teman

Talaq adalah solusi terakhir ketika terjadi cekcok yang parah antara suami-istri setelah melalui proses yang panjang berupa nasihat, dan usaha perbaikan lainnya. Jadi talaq adalah perkara yang halal yang tidak dibenci oleh Allah, jika dilakukan pada tempatnya. Adapun hadits yang menjelaskan bahwa talaq adalah perkara yang dibenci dalam segala hal, maka haditsnya dho’if sebagaimana perinciannya berikut ini:

أَبْغَضُ الْحَلَالِ إِلَى اللهِ عَزَّوَجَلَّ الطَّلَاقُ

"Perkara halal yang paling dibenci oleh Allah -Azza wa Jalla- adalah talaq". [HR. Abu Dawud (2178) dan Ibnu Majah (2018)]

Hadits ini adalah hadits yang mudhtharib (goncang) sanadnya sebagaimana yang anda bisa lihat penjelasannya dalam Al-Irwa’ (2040) karya Syaikh Al-Albaniy.

Sumber : Hadit Dhoif Buletin Jum’at Al-Atsariyyah edisi 60 Tahun I. Penerbit : Pustaka Ibnu Abbas. Alamat : Jl. Bonto Te’ne No. 58, Kel. Borong Loe, Kec. Bonto Marannu, Gowa-Sulsel. HP : 08124173512 (a/n Ust. Abu Fa’izah). Pimpinan Redaksi/Penanggung Jawab : Ust. Abu Fa’izah Abdul Qadir Al Atsary, Lc. Editor/Pengasuh : Ust. Abu Fa’izah Abdul Qadir Al Atsary, Lc. Layout : Abu Dzikro. Untuk berlangganan/pemesanan hubungi : Ilham Al-Atsary (085255974201). (infaq Rp. 200,-/exp)

Artikel di Kategori ini :

  1. Hukum Menerima Hadiah dari Penghasilan yang Haram
  2. Dari HP Turun ke Hati
  3. Makan Bangkai Saudara
  4. Permata yang Hilang
  5. Jaring-jaring Materialisme Kehidupan
  6. Mencela Makhluk, Mencela Allah
  7. Go Green, Sebuah Amal Jariyah
  8. Produk Haram
  9. Sesibuk Apapun, Jangan Lupa Sholat
  10. Mewaspadai Kerasnya Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *