Bersumpah dengan Al-Quran

Dilihat 658 kali | Kirim Ke Teman

Syaikh Sholih bin Fauzan hafizhohullah

Tanya : Apakah boleh bersumpah dengan Al-Qur`anul Karim ?. Saya telah bersumpah dengan Al-Qur`an tentang tidak akan terjadinya suatu perkara, akan tetapi perkara tersebut ternyata terjadi. Apakah wajib atas saya untuk membayar kaffarah (penebus) atas sumpah ini ?

Jawab : “Boleh bersumpah dengan Al-Qur`anul Karim karena dia adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan firmanNya adalah salah satu sifat dari sifat-sifatNya sedangkan sumpah yang disyari’atkan adalah bersumpah dengan Allah atau dengan salah satu sifat dari sifat-sifatNya.

Jika engkau bersumpah dengan Al-Qur`anul Karim atas perkara yang akan datang, maka sumpahmu syah dan benar, maka jika engkau menyelisihi sumpah tersebut dengan sengaja dan dalam keadaan ingat maka wajib atasmu kaffarah, yaitu : membebaskan satu budak jika kamu mampu atau memberi makan 10 orang miskin yang setiap miskinnya (mendapat) setengah shomakanan dan lauk di negeri itu atau memberikan pakaian kepada 10 orang miskin, engkau boleh memilih di antara ketiga perkara ini : membebaskan budak atau memberi makan atau memberi pakaian. Jika engkau tidak menemukan atau tidak mampu (melaksanakan) salah satu dari tiga perkara ini maka (wajib) bagi kamu untuk berpuasa 3 hari, berdasarkan firmanNya Ta’ala :

فَكَفَّارَتُهُ إِطْعَامُ عَشَرَةِ مَسَاكِينَ مِنْ أَوْسَطِ مَا تُطْعِمُونَ أَهْلِيكُمْ أَوْ كِسْوَتُهُمْ أَوْ تَحْرِيرُ رَقَبَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ

“Maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barangsiapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kaffaratnya puasa selama tiga hari”. (QS. Al-Ma`idah : 89)

Sumber : Jurnal Al-Atsariyyah Vol. 01/Th01/2006
================

1 shoadalah 4 mudd, sedangkan 1 mudd adalah setara dengan 2 telapak tangan lelaki dewasa normal.

Artikel di Kategori ini :

  1. Surat Syaikh Al Albani kepada Pemuda FIS (Tentang Pemilu dan Parlemen)
  2. Amrozi cs, Mati Syahidkah?
  3. Hukum Puasa Orang yang Sembuh dari Sakitnya
  4. Imam yang Merokok dan Memotong Jenggot
  5. Hukum Menjadikan Sumpah sebagai Kebiasaan
  6. Apakah Mimisan Membatalkan Wudhu ???
  7. Lelaki yang Dikuburkan Di Dalam Mesjid
  8. Fatwa Syaikh Fauzan Tentang Pemilu
  9. Status Anak dari Hubungan Perzinahan
  10. Hukum Seseorang Masuk Islam setelah Ramadhan Berlalu Beberapa Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *